9/1/14

Bab 2
SISTEM OPERASI



bisa download disini
slidenya disni
2.1. Pendahuluan
Tanpa perangkat lunak (software) sebuah komputer sebenarnya sekumpulan besi
yang tidak berguna. Dengan software sebuah komputer dapat digunakan untuk
menyimpan, mengolah data (memproses) dan mendapatkan kembali informasi yang
telah disimpan, menemukan kesalahan dalam program, memainkan games dan
menggunakan banyak aktivitas lainnya yang bernilai. Pada umumnya program
komputer dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu :
a. Program sistem (system program)
Yang berfungsi untuk mengatur operasi dari komputer itu sendiri.
b. Program aplikasi (application program)
Yang berfungsi untuk membantu menyelesaikan masalah untuk pemakainya.
Dasar yang sangat penting dari semua program sistem adalah operating system
yang mengontrol semua sumber daya komputer dan menyediakan landasan
sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan.
Sebuah sistem komputer modern berisi satu atau lebih prosesor, banyak memori
utama (sering disebut sebagai "core memory", walaupun magnetic cores yang
sudah tidak digunakan dalam memory selama lebih satu dekade), clocks, terminal,
disk, antarmuka (interface) jaringan, dan peralatan masukan/keluaran lainnya.
Semua dalam semua, sebuah sistem yang kompleks, yaitu untuk menulis program
yang disimpan dalam track sehingga dapat digunakan secara benar, apalagi
dengan pengoptimalannya adalah sebuah pekerjaan atau tugas yang sangat sulit.
Modul Training TOT : Sistem Operasi
Halaman : 7
Jika setiap programmer memfokuskan tentang bagaimana disk drive bekerja dan
apa saja yang dapat dijalankan dengan benar ketika membaca sebuah block disk,
mustahil bahwa banyak program dapat ditulis secara baik.
Beberapa tahun yang lelu telah menjadi kejelasan bahwa banyak cara atau metode
menyediakan pelindung (sheild) atau sesuatu yang dapat menyembunyikan
programmer dari kekomplekan perangkat keras. Cara yang telah berangsur-angsur
berkembang adalah dengan menentukan atau membuat sebuah lapis (layer)
perangkat lunak yang mengendalikan komponen pokok perangkat keras, mengatur
semua bagian sistem, dan menyediakan pemakai dengan antarmuak (interface)
atau virtual machine yang memudahkan memahami dan memprogram. Lapisan dari
perangkat lunak adalah operating system dan hal tersebut menjadi pokok bahasan
dalam buku ini.
Diagram atau lapis (layer) dapat dilihat sebagai berikut :
Gambar 2.1 : Sebuah sistem komputer yang terdiri dari hardware, system programs
dan application program
Pada bagian bawah dari gambar diatas adalah perangkat keras yang didalamnya
banyak terdapat alasan yang membentuk dua atau lebih lapis. Lapis yang paling
bawah (physical devices) berisi perangkat fisik, yang terdiri dari integrasi circuit
Modul Training TOT : Sistem Operasi
Halaman : 8
chips, kabel (wires), power supplies, cathode ray tubes (CRT) dan perangkat
lainnya. Bagaimana perangkat tersebut dibuat dan bagaimana sistem kerjanya
adalah bagian dari insinyur elektronik.
Lapis berikutnya dari software primitive yang secara langsung mengontrol peralatan
tersebut (physical devices) dan menyediakan interface (a cleaner interface) untuk
layer berikut/diatasnya. Software ini disebut microprogram yang biasanya
ditempatkan dalam read-only memory (ROM). Sebenarnya microprogram berfungsi
sebagai penerjemah, mengambil (fetching) intruksi bahasa mesin, seperti ADD,
MOVE dan JUMP serta melaksanakan proses-proses kecil yang saling terkait.
Contohnya apabila melaksanakan instruksi ADD, microprogram harus menentukan
dimana angka-angka yang ditambahkan ditempatkan (disimpan sementara),
mengambilnya, menambahkannya dan menyimpan hasilnya disuatu tempat
tertentu.

Bab 1
SISTEM KOMPUTER

 ato bisa di donload bahan pertemuan pertama.. disini
Empat komponen dalam sistem komputer, yaitu :
1.1. Pemproses
þ Berfungsi untuk mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi
pemrosesan data.
þ Pemroses melakukan operasi logika dan mengelola aliran data dengan
membaca instruksi dari memori dan mengeksekusinya.
þ Langkah kerja pemroses :
a. Mengembil instruksi biner dari memori
b. Mendekode instruksi menjadi aksi sederhana
c. Melakukan aksi
3 tipe operasi komputer :
a. Operasi aritmatika (ADD, SUBSTRACT, MULTIPLY, DIVIDE)
b. Operasi logika (OR, AND, XOR, INVERTION)
c. Operasi pengendalian (LOOP, JUMP)
Pemroses terdiri :
a. ALU (Aritmatic Logic Unit)
Berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan logika.
b. CU (Control Unit)
Berfungsi untuk mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer.
c. Register-register
Berfungsi untuk :
þ Membantu pelaksanaan operasi yang dilakukan pemroses
þ Sebagai memori yang bekerja secara cepat, biasanya untuk tempat
operand-operand dari operasi yang akan dilakukan.
Modul Training TOT : Sistem Operasi
Halaman : 2
þ Terbagi menjadi register data dan register alamat.
þ Register data terdiri dari general dan special purpose register.
þ Register alamat berisi :
a. Alamat data di memori utama
b. Alamat instruksi
c. Alamat untuk perhitungan alamat lengkap
Contoh : register indeks, register penunjuk segmen, register penunjuk
stack, register penanda (flag)
Pemroses melakukan tugasnya dengan mengeksekusi instruksi-instruksi di program
dengan mekanisme instruksi sebagai berikut :
a. Pemroses membaca instruksi dari memori (fetch)
b. Pemroses mengeksekusi instruksi (execute)
Eksekusi program berisi pengulangan fetch dan execute. Pemrosesan satu instruksi
disebut satu siklus instruksi (instruction cycle).
Gambar 1-1 : Siklus eksekusi instruksi
1.2. Memori
þ Berfungsi untuk menyimpan data dan program
þ Biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang
disimpan bila sumber daya energi (listrik) dihentikan.
Modul Training TOT : Sistem Operasi
Halaman : 3
þ Konsep program tersimpan (stored program concept), yaitu program (kumpulan
instruksi) yang disimpan di suatu tempat (memori) dimana kemudian instruksi
tersebut dieksekusi.
þ Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi
dari memori utama. Agar eksekusi dilakukan secara cepat maka harus
diusahakan instruksi tersedia di memori pada lapisan berkecepatan akses lebih
tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja sistem.
Hirarki memori berdasarkan kecepatan akses :
þ Register (tercepat)
þ Chace memory
Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dibanding
memori utama. Chace memory adalah diantara memori utama dan register,
sehingga pemroses tidak langsung mengacu memori utama tetapi di cache
memory yang kecepatan aksesnya lebih tinggi.
þ Main memory
þ Disk chace (buffering)
Bagian memori utama untuk menampung data yang akan ditransfer dari/ke
perangkat masukan/keluaran dan penyimpan sekunder. Buffering dapat
mengurangi frekuensi pengaksesan dari/ke perangkat masukan/keluaran dan
penyimpan sekunder sehingga meningkatkan kinerja sistem.
§ Magnetic disk
§ Magnetic tape, optical disk (terlambat)
1.3. Perangkat masukan dan keluaran (I/O)
þ Adalah perangkat nyata yang dikendalikan chip controller di board sistem atau
card.
þ Controller dihubungkan dengan pemroses dan komponen lainnya melalui bus.
þ Controller mempunyai register-register untuk pengendaliannya yang berisi
status kendali.


shodik-qlaw. Powered by Blogger and Supported by qlaw community - bebas asalkan sopan