Bab 1
SISTEM KOMPUTER
ato bisa di donload bahan pertemuan pertama.. disini
Empat komponen dalam sistem komputer, yaitu :
1.1. Pemproses
þ Berfungsi untuk mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi
pemrosesan data.
þ Pemroses melakukan operasi logika dan mengelola aliran data dengan
membaca instruksi dari memori dan mengeksekusinya.
þ Langkah kerja pemroses :
a. Mengembil instruksi biner dari memori
b. Mendekode instruksi menjadi aksi sederhana
c. Melakukan aksi
3 tipe operasi komputer :
a. Operasi aritmatika (ADD, SUBSTRACT, MULTIPLY, DIVIDE)
b. Operasi logika (OR, AND, XOR, INVERTION)
c. Operasi pengendalian (LOOP, JUMP)
Pemroses terdiri :
a. ALU (Aritmatic Logic Unit)
Berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan logika.
b. CU (Control Unit)
Berfungsi untuk mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer.
c. Register-register
Berfungsi untuk :
þ Membantu pelaksanaan operasi yang dilakukan pemroses
þ Sebagai memori yang bekerja secara cepat, biasanya untuk tempat
operand-operand dari operasi yang akan dilakukan.
Modul Training TOT : Sistem Operasi
Halaman : 2
þ Terbagi menjadi register data dan register alamat.
þ Register data terdiri dari general dan special purpose register.
þ Register alamat berisi :
a. Alamat data di memori utama
b. Alamat instruksi
c. Alamat untuk perhitungan alamat lengkap
Contoh : register indeks, register penunjuk segmen, register penunjuk
stack, register penanda (flag)
Pemroses melakukan tugasnya dengan mengeksekusi instruksi-instruksi di program
dengan mekanisme instruksi sebagai berikut :
a. Pemroses membaca instruksi dari memori (fetch)
b. Pemroses mengeksekusi instruksi (execute)
Eksekusi program berisi pengulangan fetch dan execute. Pemrosesan satu instruksi
disebut satu siklus instruksi (instruction cycle).
Gambar 1-1 : Siklus eksekusi instruksi
1.2. Memori
þ Berfungsi untuk menyimpan data dan program
þ Biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang
disimpan bila sumber daya energi (listrik) dihentikan.
Modul Training TOT : Sistem Operasi
Halaman : 3
þ Konsep program tersimpan (stored program concept), yaitu program (kumpulan
instruksi) yang disimpan di suatu tempat (memori) dimana kemudian instruksi
tersebut dieksekusi.
þ Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi
dari memori utama. Agar eksekusi dilakukan secara cepat maka harus
diusahakan instruksi tersedia di memori pada lapisan berkecepatan akses lebih
tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja sistem.
Hirarki memori berdasarkan kecepatan akses :
þ Register (tercepat)
þ Chace memory
Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dibanding
memori utama. Chace memory adalah diantara memori utama dan register,
sehingga pemroses tidak langsung mengacu memori utama tetapi di cache
memory yang kecepatan aksesnya lebih tinggi.
þ Main memory
þ Disk chace (buffering)
Bagian memori utama untuk menampung data yang akan ditransfer dari/ke
perangkat masukan/keluaran dan penyimpan sekunder. Buffering dapat
mengurangi frekuensi pengaksesan dari/ke perangkat masukan/keluaran dan
penyimpan sekunder sehingga meningkatkan kinerja sistem.
§ Magnetic disk
§ Magnetic tape, optical disk (terlambat)
1.3. Perangkat masukan dan keluaran (I/O)
þ Adalah perangkat nyata yang dikendalikan chip controller di board sistem atau
card.
þ Controller dihubungkan dengan pemroses dan komponen lainnya melalui bus.
þ Controller mempunyai register-register untuk pengendaliannya yang berisi
status kendali.
9/1/14
Posted by shodik qlaw at 7:11 AM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment