7/24/10

Koneksi Acces dengan Vb 6.0

Tutorial Cara Koneksi Database Access dengan ADO Data Connection pada VB 6.0 PDF Print E-mail
Written by Febtry Sammuel   
Thursday, 23 April 2009 12:54
Ini adalah tutorial sederhana cara koneksi database access dengan menggunakan ADO Data Connection atau komponen adodc pada Visual Basic 6.0. Hasilnya ditampilkan ke dalam datagrid. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
PERSIAPAN:
1. Sebuah file database access
Berikut ini saya juga sertakan contoh program dan database yang saya gunakan dalam tutorial ini.
LANGKAH 1:
Buat project baru bertipe standard exe, tambahkan component adodc dan datagrid ke dalam form seperti gambar berikut.
LANGKAH 2:
Klik komponen adodc1, kemudian lihat bagian Propertiesnya di bagian kanan, Klik tombol browse pada property Connection String.
LANGKAH 3:
Akan muncul form Property Pages seperti gambar di bawah ini. Pilih pilihan ketiga (Use Connection String), lalu klik tombol Build.
LANGKAH 4:
Pada layar Data Link Properties, klik tab Provider, lalu pilih pilihan Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider untuk database Access. Klik tombol Next.
LANGKAH 5:
Pada tab selanjutnya (tab Connection), isikan nama database, missal barang.mdb, atau bisa juga memasukkan path file dengan klik tombol browse (tombol kotak kecil). Di pilihan kedua,  jika tidak ada username atau password, maka kosongi saja. Jangan lupa klik Test Connection untuk testing koneksi.
Jika koneksi berhasil, maka akan muncul pesan berikut ini.
Setelah itu klik tombol OK hingga kembali ke form VB.
LANGKAH 6:
Masih di property Adodc1, cari property RecordSource, lalu klik tombol browse-nya.
LANGKAH 7:
Pada form Property Pages, pilih tipe command. Di sini saya beri contoh menggunakan SQL Query(untuk lebih jelas tentang SQL, silahkan baca tutorial tentang SQL). Untuk itu pilih pilihan “1 – adCmdText” pada Command Type. Lalu isikan SQL query pada textbox Command Text(SQL).
LANGKAH 8:
Sekarang beralih ke komponen Datagrid1, untuk menampilkan table ke datagrid, maka kita perlu melakukan koneksi. Caranya, cari property DataSource, kemudian arahkan ke Adodc1.
LANGKAH 9:
Dengan demikian kita sudah berhasil melakukan koneksi dan menampilkan hasilnya ke dalam datagrid. Untuk melihat hasilnya silahkan dijalankan (klik tombol RUN / tekan F5). Dan hasilnya akan muncul seperti gambar berikut.
 Demikian tutorialnya, semoga membantu. (Febtry Sammuel) 

0 comments:


shodik-qlaw. Powered by Blogger and Supported by qlaw community - bebas asalkan sopan